Jumat, 11 Februari 2011

Global Warming

Global warming atau pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata pada atmosfer laut dan juga daratan bumi. Pada dasarnya Global Warming merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Meningkatnya kadar CO2 diakibatkan oleh meningkatkan konsumsi bahan bakar yang berasal dari fosil tumbuhan atau hewan contohnya antara lain minyak bumi dan batubara. 

Banyak dampak yang disebabkan oleh pemanasan global ini. Salah satu contohnya adalah fenomena cuaca ekstrim yang sering terjadi belakangan ini. Hal ini disebabkan oleh tingkat penguapan yang tinggi di atmosfer yang meningkatkan potensi terjadi badai dan juga cuaca ekstrim. Contoh lainnya adalah naiknya permukaan air laut yang diakibatkan oleh melelehnya es yang ada di kutub. Efek dari pemanasan yang mengakibatkan bumi kekeringan yang menyebabkan banyak flora dan fauna tertentu yang punah. Dampak global warming juga bisa mengakibatkan perluasan gurun pasir.

Global warming juga memiliki dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat yaitu gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai, gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara, gangguan terhadap permukiman penduduk, pengurangan produktivitas lahan pertanian, peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb.

Sebenarnya tidak perlu terlalu sulit untuk mengurangi global warming yang terjadi sekarang ini, diantaranya adalah :
  • Mendaur ulang sampah plastik
  • Menanam pohon disetiap ada kesempatan
  • Matikan lampu-lampu yang tidak terpakai
  • Gunakan bahan bakar yang alami
  • Kurangi penggunaan AC
Masih banyak lagi cara agar kita dapat mengurangi global warming yang sedang terjadi di seluruh dunia ini. Tidak perlu suatu tindakan yang radikal, yang dibutuhkan hanyalah kesadaran kita untuk lebih menyayangi bumi kita. Mari sama-sama kita selamatkan bumi kita dari pemanasan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar