Kamis, 22 April 2010

Telekomunikasi

Telekomunikasi dibagi dari 2 kata yaitu ‘Tele’ dan ‘Komunikasi’. Tele memiliki arti jauh. Dapat diartikan telekomunikasi adalah komunikasi jarak jauh. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
• Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio. Pada saat kita menonton televisi kita hanya bisa menjadi penerima informasi dan kita tidak dapat menyampaikan informasi kepada seseorang yang menyampaikan informasi melalui media televisi tersebut.
• Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP. Pada saat kita menelepon seseorang maka kita akan bisa berbicara (menyampaikan informasi) dan lawan bicara kita pun tidak hanya bisa menjadi pendengar (menerima informasi) tetapi lawan bicara kita pun bisa berbicara (menyampaikan informasi) kepada kita, begitu juga sebaliknya
• Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room. Pada saat kita menggunakan Handy Talkie kita akan berbicara secara bergantian dengan lawan bicara kita. Biasanya kita gunakan perkataan “ganti” untuk mengakhiri pembicaraan kita dan lawan bicara kita akan memulai pembicaraan yang akan disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar