Minggu, 11 Oktober 2009

FUTSAL

Futsal

Futsal adalah salah satu olahraga yang mungkin paling di gemari pada sekarang-sekarang ini. Bahkan tidak hanya para remaja yang menggemari olahraga ini, para orang dewasa dan anak-anak pun menggemari olahraga yang satu ini dan saya pun sangat menggemari olahraga ini. Mungkin anda belum semuanya tahu tentang sejarah futsal atau asal-usul bagaimana bias ada olahraga futsal.

· SEJARAH FUTSAL

Futsal itu berasal dari bahasa SPANYOL kepanjangan dari Futbol Sala. Futbol yang berarti sepakbola dan Sala yang berarti ruangan. Jadi futsal itu adalah sepak bola yang dilakukan di dalam ruangan. Menurut FIFA, asal mula Futsal ini mulai pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay. Pertama Futsal ini diperkenalkan oleh Juan Carlos Ceriani, seorang pelatih sepak bola asal Argentina. Hujan yang sering mengguyur Montevideo membuatnya kesal, karena rencana yang Ia susun jadi berantakan karena lapangan yang tergenang air. Lalu Ceriani memindahkan latihan ke dalam ruangan. Pertama Ia tetap menggunakan jumlah pemain 11 orang, namun karena lapangan yang sempit, Ia memutuskan untuk mengurangi jumlah pemain menjadi 5 orang tiap tim, termasuk penjaga gawang.

· PERATURAN FUTSAL

Di dalam permainan futsal ada hal-hal yang diperbolehkan untuk diadakannya perubahan yaitu ukuran lapangan, ukuran bola, berat bola, bahan yang dipergunakan untuk membuat bola, lebar dan tinggi mistar gawang, waktu yang dipergunakan dalam suatu pertandingan, dan pergantian pemain dalam suatu pertandingan. Lapangan yang dipergunakan menurut STANDART INTERNASIONAL harus berukuran minimum 38 x 18 meter dan maksimum 42 x 25 meter.

Waktu dalam pertandingan futsal adalah 2 x 20 menit dan setiap tim boleh meminta TIME-OUT satu kali dalam setiap babaknya selama satu menit.

* Ini semua berdasarkan sumber yang saya baca.

Mungkin ini aja kali ya, ini adalah peraturan Standar dalam setiap pertandingan futsal.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar